Mengenal Berbagai Tombol Dan Fungsinya Pada Kamera DSLR

Mengenal Berbagai Tombol Dan Fungsinya Pada Kamera DSLR
Bagi photographer, menggunakan DSLR adalah santapan mereka sehari-hari, hampir berbagai type dan merk camera dikuasainya. Pada dasarnya, camera DSLR jenis apapun memiliki konfigurasi yang hampir sama, yang membedakan kadang hanya beberapa fitur tertentu.
Beberapa tombol fungsinya tak jauh berbeda antara satu merek dengan merek yang lain. Hanya bagaimana photograper pintar-pintar menggunakannya.
Nah berbicara soal tombol pada Camera DSLR, ini adalah hal dasar untuk bagi para photograper yang wajib dikuasai. Namun bagi para pemula, puluhan tombol pada camer DSLR masih jadi masalah yang ruwet. Asal pencet akan berpengaruh buruk pada kualitas gambar yang dihasilkan.
Untuk itu penting rasanya mempelajari tombol-tombol ini. Disini kita akan bahas berbagai fungsi dasar dari berbagai tombol pada Camera DSLR Canon 600D. Langsung saja.



1. Built-in Flashlight

Fungsi dari flashlight atau lampu flash tentu saja sebagai penerangan utama.
Lampu flash akan keluar dengan sendirinya jika menggunakan mode otomatis. Sedangkan untuk mode-mode manual lain, pengguna bisa mengatur secara manual penggunaan Flashlight ini.

2. Red-eye reduction

Jika kamu pernah melihat foto orang dengan kornea mata berwarna merah, hal itu disebabkan karena refleksi pembuluh darah akibat iluminasi flash.
Masalah tersebut bisa dihilangkan dengan adanya fitur Red-eye reduction pada camera. Fitur ini akan bekerja secara otomatis 1-2 detik sebelum gambar diambil.

3. Thumb Wheel

Dengan Thumb Wheel kamu bisa memilih berbagai modus pemotretan Tombol yang berfungsi untuk mengatur modus pemotretan.
Dengan berbagai fitur advance yang bisa kamu atur sendiri sesuai selera. Pada artikel berikutnya, kita akan bahas mengenai fitur-fitur fotografi pada Thumb Wheel ya.

4. Display

Saat kamu menggunakan mode manual setting, layar akan menampilkan informasi setting mengenai mode tersebut.
Tapi jika kamu tidak ingin menampilkan informasi tersebut, kamu bisa menekan tombol Display untuk mematikan layar.

5. Main Dial

Fungsi utama dari Main Dial adalah untuk mengatur tinggi rendahnya aperture dan shutter speed. Namun bisa juga digunakan untuk pengaturan lain, seperti mengatur AF point.

6. Shutter

Inilah tombol dari segala tombol pada sebuah camera. Saat anda akan mengabil gambar maka anda harus memencet tombol shutter.

7. Grip

Grip merupakan pegangan kamera yang menonjol pada bagian kanan kamera.
Bagian tersebut memang didesain menonjol agar sang pengguna dapat dengan nyaman memegang kamera saat akan melakukan aktivitas fotografi.

8. Tombol Lensa

Tombol ini berfungsi untuk melepas lensa sekaligus mengunci lensa setelah terpasang pada body kamera.

9. Lensa Camera

Tanpa lensa, gambar tidak akan tertangkap oleh camera. Untuk type DSLR, lensa memiliki fitur yang komplit dan bisa diganti sesuai kebutuhan pengguna.

10. Manual and Automatic Focus Setting

Salah satu Kelebihan pada camera DSLR adalah bisa disettingnya manual atau automatis fokus setting pada lensa. Dengan fitur ini, pengguna diberi kebebasan untuk memilih mode focus pada object. Sayangnya tidak semua jenis lensa memiliki fitur ini.

11. Tombol Flash

Untuk manual mode pada camera, flashlight juga harus diaktifkan secara manual. Kamu bisa menekan tombol flash untuk membuka dan menggunakan flashlight secara manual.




12. Viewfinder

Melalui viewfinderlah fotografer membidik object mereka. Untuk menentukan fokus. Pada DSLR Camera viewfinder terhubung langsung dengan lensa utama.

13. Monitor LCD

Berfungsi untuk menampil semua informasi camera, setting, fitur, hingga hasil akhir foto bisa dilihat dan diatur langsung melalui LCD.

14. Tombol Navigasi

Tombol yang berfungsi untuk menggerakkan atau mengendalikan kamera saat melihat gambar yang telah anda ambil sebelumnya.
Tombol navigasi hadir dalam 3 bentuk berbeda yaitu scroll, analog dan tombol 4 arah biasa.

15. Tombol AV

Tombol AV atau singkatan dari Aperture Value merupakan tombol yang berfungsi untuk mengatur aperture. Aperture adalah bukaan diafragma yang ada pada lensa kamera.
Umumnya nilai aperture ini ditandai dengan “f/angka”.
Kita ambil contoh misalnya f/22, f/11 dan seterusnya. Lalu apa pengertian huruf f dan angkanya ? Nah sekarang yang jadi pertanyaan lanjutan adalah apa arti huruf f/ beserta angka dibelakangnya itu?
Angka setelah huruf f/ merupakan nilai dari bukaan lensa atau diafragma pada lensa.
Semakin besar angka dibelakang f/ hal tersebut akan berpengaruh terhadap bukaan lensa yang akan semakin kecil dan begitupula sebaliknya.

16. Tombol Fn/Q

Tombol ini berfungsi untuk mengatur white balance atau metering. White balance memiliki fungsi agar objek yang berwarna putih benar-benar menjadi tampak putih.
Dalam dunia fotografi hal tersebut dilakukan dengan melakukan kompensasi pengaruh warna cahaya di bawah lingkungan pengambilan gambar.
Perlu anda ketahui bahwa cahaya yang berbeda memiliki warna dan karakteristik yang berbeda pula.
Kita ambil contoh pada cahaya lampu pijar yang memiliki warna yang kekuningan, dan cahaya matahari pada hari berawan memiliki sedikit warna kebiruan.
Mata kita juga bisa melakukan kompensasi  secara otomatis berdasarkan konsep ” objek yang berwarna putih harus terlihat putih.
Tapi lain halnya dengan kamera, dimana tergantung pada pencahayaan ambien.
Dampaknya  warna putih bisa terlihat kekuningan atau kebiruan pada foto dibandingkan dengan gambar aktual yang dilihat oleh mata telanjang.

17. Tombol Zoom in Zoom Out

Jika pada kamera digital biasa tombol ini berfungsi untuk memperbesar atau memperdekat objek yang kan kita ambil gambarnya, namun pada kamera SLR dan DSLR kedua tombol ini memiliki fungsi yang berbeda.
Kedua tombol ini memang tetap berfungsi untuk memperbesar, namun hanya memperbesar gambar yang telah kita selesai ambil dan  muncul pada LCD.

18. Tombol Life View

Tombol ini berfungsi untuk membidik gambar melalui Layar LCD, jadi anda dapat melakukan pembidikan gambar dalam dua cara yaitu melalui finder atau melalui layar LCD.

19. Tombol Menu dan Info

Pada tombol menu dan info, tergantung dari merk kamera yang anda miliki. namun umumnya tombol in berfungsi untuk pengaturan dan informasi gambar yang telah anda ambil.

20. Tombol Preview

Tombol yang berfungsi untuk melihat hasil jepretan anda, atau bisa juga dikatan tombol yang berfungsi ketika anda ingin masuk ke galeri penyimpanan foto dan video yang telah anda abadikan.

21. Tombol Hapus

Tombol ini berfungsi untuk menghapus gambar yang sudah anda ambil, apabila terdapat kesalahan dalam pengambilan gambar.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Desain Grafis?

MENGENAL SEGITIGA EKSPOSUR (EXPOSURE TRIANGLE)